Loading

Indikator Penilaian Akreditasi Sekolah Dasar

Pada halaman sebelumnya kita sudah membahas syarat dan cara akreditasi sekolah dasar atau teptnya merupakan mekanisme akreditasi sekolah dan madrasah. Pada halaman ini kita akan membahas tentang indikator penilaian saat akreditasi sekolah terutama untuk sekolah dasar. Setiap sistem penilaian pasti memiliki indikator atau acuan yang dijadikan sebagai tolok ukur penilaian, bila semua indikator dalam keadaan baik maka baik pulalah penilaian yang akan didapatkan. Sebelum sebuah sekolah hendak mengajukan pengakreditasian sekolah sebaiknya pahami terlebih dahulu poin-poin yang dinilai dalam akreditasi sekolah.



Akreditasi sekolah dilandasi dengan Undang-undang pendidikan nasional yakni


  1. UU no 22 tahun 1961, disana disebutkan akreditasi diberikan oleh departemen pendidikan dan kebudayaan, hasil akreditasi sekolah ini ada tiga tingkatan yaitu terdaftar, diakui, disamakan. (undang-undang ini sepertinya sudah diperbaharui, sebab akreditasi saat ini yang berlaku adalah dengan nilai A, B, C, atau D)
  2. UU No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas BAB XVI Bag. Kedua tentang Akreditasi Pasal 60. 
  3. PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan khususnya Pasal 86 ayat (1) dan (3) dan Pasal 87 ayat (1) a. ayat (2), (3), (4), dan (5). 
  4. Peraturan Mendiknas No.29 Tahun 2005 tentang BAN-S/M. Keputusan Mendiknas No.064/P/2006 tentang pengangkatan anggota BAN-PT, BAN-S/M dan BAN-PNF.
Loading...
ading...
 
0 Comments:

Post a Comment: